CONTOH PROPOSAL BISNIS GLAMOUROUS (usaha pakaian)

Recent Posts

CONTOH PROPOSAL BISNIS GLAMOUROUS (usaha pakaian)

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pakaian adalah kebutuhan penting bagi manusia. Dari dulu hingga sekarang pakaian mengalami peningkatan dan perubahan. Bentuk dan modelnya pun selalu meningkat dengan ciri khas yang berbeda. Di tahun 90-an ke bawah, model pakaian dapat dikatakan sederhana dan sedikit terbuka. Namun di tahun 90-an ke atas, model pakaiannya sudah banyak yang tertutup dan terkesan lebih modern serta mengikuti zaman. Dengan banyak terlahirnya desainer-desainer di dunia ini yang memiliki ide dan pemikiran yang modern membuat tren pakaiannya semakin variatif.
Dengan semakin besarnya peluang  dalam usaha Pakaian pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
Setelah melakukan survey di lokasi toko, kami melihat peluang usaha yang tinggi di Ngaliyan dan semakin tinggi kebutuhan manusia yang berhubungan dengan fashion. Apalagi setelah ditelusuri lebih dalam, wanitalah yang menjadi konsumen jika sudah berkaitan dengan penampilan. Wanita akan berbelanja lama-lama untuk memilih pakaian yang cocok dengan dirinya karena mereka berpikiran penampilan adalah hal yang penting. Oleh karena itu, kami berinisitif untuk membuka clothing store yang dimana produk pakaiannya adalah pakaian wanita berdasarkan update-update fashion masa kini dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen (order) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan. Dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat kami mencari terobosan agar masyarakat dapat tertarik dengan produk buatan kami dan mencari tahu apa yang diinginkan masyarakat di zaman modern ini dan melalui kreasi dan keuletan kami dalam berkarya di luar bidang akademik yaitu desain, maka fashion pada masa kini bisa semakin berkembang dengan sangat cepat.

Tujuan
Kami mendirikan usaha ini memiliki tujuan sebagai berikut :
Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
Mengurangi dampak pengangguran
Mendapatkan laba
Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat
Menjalin persahabatan dengan pelanggan
Memberikan produk fashion yang terbaru
Memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui mutu pelayan yang baik

Manfaat Usaha
Manfaat Ekonomi:
Usaha ini dapat memberdayakan kami sebagai  pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban orang tua dalam membiayai kuliah kami.
Manfaat Sosial:
Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami setiap tahunnya ada cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Visi
“Usaha dalam bidang fashion yang menampilkan keeksistensiannya melalui produk unggulan tanpa menghilangkan kesan glamour.”


Misi
Memberikan dan menerapkan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan.
Menjual produk berkualitas dan bermutu tinggi dengan harga yang cocok untuk kalangan anak muda.
Menjalin mitra kerja sama dengan pemasok dan penyalur yang saling menguntungkan
Usaha fashion yang dikenal banyak orang melalui eksistensinya dalam mengembangkan usaha




BAB II
PROFIL USAHA
Nama Usaha
Usaha fashion ini didirikan dengan nama “Glamourous” yang memiliki makna bahwa kami menjalankan usaha sesuai dengan visi misi kami. Dari penamaan usaha juga harapannya produk kami memberikan kesan mewah dan cantik kepada wanita-wanita yang berbelanja di toko kami. Dan yang paling penting memberikan pelayanan yang istimewa dan mewah kepada pelanggan kami. Jadi, pelanggan puas dan tidak bosan untuk berbelanja ke toko kami.

Bentuk Usaha
Glamourous adalah badan usaha perseorangan yang modalnya berasal dari perseorangan sekaligus pemilik tunggal. Pemilik bertanggung jawab penuh terhadap produk yang dijual, tempat dan karyawan selama jalannya kegiatan usaha. Sebagai usaha perseorangan, pemilik tunggal dapat berfokus pada pengawasan setiap produk yang dijual dan kerahasiaan perusahaan lebih terjamin karena hanya dimiliki oleh pemilik tunggal. Pemilik juga mempunyai kebebasan sepenuhnya dalam mengambil keputusan dalam menentukan apa yang akan dilakukan yang dapat memberikan keuntungan.

Jenis Usaha
Usaha ini berjalan pada bidang fashion khusus wanita dengan model terbaru seperti gamis, tunik, kemeja, dan lain sebagainya. Produk yang kami jual memiliki model yang bervariatif dan akan selalu berubah model tiap bulannya. Modelnya kami rancang sendiri dan akan kami setor ke konveksi langganan kami. Tidak menutup kemungkinan, kami akan menerima request model dari pelanggan maupun dari konveksi.

Lokasi Usaha
Kami memilih lokasi yang strategis karena dapat dilihat oleh banyak orang dan sering dilalui oleh para pelajar, mahasiswa, dan karyawan. Lokasi tokonya pun aman dan nyaman. Tidak rawan kecelakaan. Usaha ini berlokasi di daerah Jl. Prof. Hamka Ngaliyan. Yang dimana kawasan tersebut dekat dengan sekolah, perguruan tinggi dan instansi.

Kesan / Counter Style
Kesan yang kami bangun dalam melayani pelanggan adalah “ Comfortable and High Service”. Jadi pelanggan merasa nyaman berbelanja dan merasa puas dan senang dengan produk serta pelayanan yang kami berikan sehingga membuat mereka tidak bosan berbelanja dan selalu ingin kembali ke toko kami.

Jam Operasional
Kami membuka toko di hari efektif kerja dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Tutup tiap hari Sabtu dan Minggu serta libur nasional. Jadi, kami memberikan kesempatan bagi karyawan untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga.













BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Biodata Usahawan
Nama : Arlina Bekti W
Jabatan : Manager dan bagian persediaan
Riwayat Pendidikan : Mahasiswa

Nama : Mustika Sekar Dewi
Jabatan : Bagian Pemasaran
Riwayat Pendidikan : Mahasiswa

Nama : Dewi Nur Azizah
Jabatan : Bagian Keuangan
Riwayat Pendidikan : Mahasiswa

Job Description :
MANAGER
Bertugas untuk:
Melakukan monitoring/ kontrol terhadap perkembangan usaha
Memberi perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
Mengevaluasi kinerja karyawan
Membuat tabel pembagian jam kerja karyawan
Melakukan mitra kerja dengan para investor dan konveksi
Melakukan cek terhadap barang yang akan dibeli dan pengadaan barang
Bagian PEMASARAN
Bertugas untuk:
Melayani Konsumen baik offline maupun online
Melakukan Promosi
Menghitung dan melaporkan barang yang masih tersedia di Gudang kepada bagian Akuntansi
Mengecek Kepastian alamat pemesan
Melakukan pengiriman dengan menggunakan jasa pengiriman  barang
Mengecek status kiriman di website
BAGIAN KEUANGAN
Bertugas untuk:
Melakukan pencatatan akuntansi : Mencatat transaksi , Menjurnal, Posting Buku Besar, Membuat Laporan Keuangan
Mengecek ulang terhadap faktur pembelian
Melaporkan kondisi keuangan per triwulan
Melayani konsemen saat transaksi
Berorientasi meningkatkan penjualan
ALL KARYAWAN
Semua karyawan bertugas melakukan pekerjaan dibawah ini sesuai jadwal:
Membuka dan menutup Toko
Menata barang dagangan dan menjaga kualitas barang tetap terjaga
Melakukan perawatan pada persediaan
Mengepak Barang yang akan dikirimkan ke konsumen
Merancang desain produk
Membersihkan toko









BAB IV
PRODUK USAHA
Informasi Produk
Glamourous bergerak di bidang perdagangan yang bertindak sebagai pihak perantara bagi pihak produsen ke konsumen. Usaha ini tidak bertindak sebagai produsen tetapi ingin menjadi wadah pemenuhan kebutuhan fashion bagi wanita dengan beragam bentuk dan model pakaian dan sudah terbukti kualitasnya.
Produk pakaian yang kami jual adalah produk original yang terdiri dari gamis, tunik, baju kemeja dan lain sebagainya dari berbagai model rancangan sendiri yang sesuai dengan selera wanita pada zaman sekarang.

Kriteria Barang yang Dijual
Pengadaan pakaian yang dijual pada toko kami berdasarkan standar mutu yang baik dengan memperhatikan kualitas bahan, warna, dan gambar sablon yang menarik di setiap pakaian. Selain kualitas bahan dan lainya, kami juga memperhatikan model pakaian dan menyesuaikannya dengan selera wanita di Indonesia. Yang dimana pelanggan tidak akan bosan model pakaian yang hanya itu-itu saja. Dengan demikian, produk kami menjadi prioritas pembelian selanjutnya.

Pemasok Barang Dagangan
Persediaan untuk awal penjualan kami beli dari daerah Semarang sebagai konveksi langganan kami yang telah terpercaya dan bekerjasama baik oleh kami, dan untuk perkembangan penjualan selanjutnya kami mencoba membuat dan memasarkan produk ciptaan kami sendiri yang memiliki identitas dengan model yang berbeda lagi dari sebelumnya sebagai produk asli karya Glamourous

Keunggulan Dari Toko Lain
Produk Fashion sudah banyak dijual dipasaran karena melihat peluang yang begitu besar yang ditawarkan dalam usaha ini. Persaingan pun semakin sengit dengan beragam keunggulan yang ditawarkan antar pengusaha toko agar dapat menarik minat konsumen. Glamourous sendiri memiliki keunggulan yang menjadi identitas dari toko kami adalah sebagai berikut :
Produk yang dijual adalah produk asli yang didesain oleh toko kami.
Tiap bulannya model pakaian akan diupdate.
Menawarkan potongan harga 5% untuk pembelian diatas Rp 250.000,-
Melayani penjualan secara offline dan online.



BAB V
ASPEK PEMASARAN
Target dan Segmentasi Pasar
Sesuai dengan produk yang telah kami paparkan, maka target pasar kami ialah wanita dengan kisaran usia 15 – 30 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa sasaran konsumen kami juga berusia diatas 30 tahun. Perkembangan zaman juga mempengaruhi segmentasi pasar kami. Maka, kami selalu menciptakan desain baru, yang mana desain kami senantiasa mengikuti perkembangan zaman. Sehingga, pelanggan kami selalu mampir dan berbelanja di toko kami.
Bahan pakaian pun menjadi pokok penting selain melihat dari style pakaian. Terkadang, konsumer tidak hanya melihat dari wujudnya saja, namun juga ketika dikenakan: apakah bahan itu membuat gerah atau adem. Sehingga, kami juga menyediakan pakaian yang sesuai dengan permintaan pasar, terutama daerah bisnis kami berada di daerah yang cenderung selalu terik. Kami memproduksi pakaian berbahan adem yang lebih banyak daripada kain yang berbahan gerah. Namun tetap tidak mengurangi keindahan pakaian. Walau kami mempoduksi pakaian dengan kualitas terbaik dan up to date, namun harga yang kami berikan bervariasi namun tetap terjangkau. Terkadang kami juga mengadakan promo di hari – hari tertentu dan promo spesial bagi yang mendaftar menjadi member kami.

Faktor Kompetitif
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion, maka kami yakin usaha ini akan maju. Terutama pemilihan lokasi butik yang berada di satu wilayah dengan perguruan tinggi dapat mempengaruhi jumlah konsumen kami. Hal itu dikarenakan kami menjual pakaian yang sesuai dengan usia mereka. Kami mengetahui bahwa kebanyakan anak muda senantiasa haus akan fashion, maka wilayah pilihan kami adalah wilayah yang paling tepat.
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar Jl. Prof Hamka Ngaliyan ini masih belum terdapat tempat belanja pakaian yang mempunyai ciri khas produk yang berbeda dari yang lain. Kami menganalisis beberapa hal diantaranya adalah:
Analisis kompetensi SDM
Tim kami memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis ini karena kami memiliki pengalaman berbisnis kecil-kecilan, sehingga kami dapat melakukan business management.
Tim kami memiliki SDM yang dapat menjalankan bisnis secara e-commerce, dengan memanfaatkan lapak – lapak e-Commerce yang telah ada. Dan kami juga memanfaatkan media sosial untuk memperluas promosi kami.
Tim kami memiliki SDM yang dapat memanagemen anggota dari pengalaman  menjadi ketua dalam sebuah organisasi.
Tim kami memiliki SDM yang dapat mendesain pakaian sehingga produk kami selalu ter-update dengan ide – ide terbaru dan merupakan produk original dari butik kami.
Analisis Kebutuhan dan Rencana Pengembangan SDM
Kami akan merekrut Karyawan baru, karena SDM yang sekarang ini masih rangkap jabatan.
Kami akan mentraining karyawan baru.
Kami akan saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.
Rencana Pengembangan Usaha
Dengan adanya modal dari HIPMI (Himpunan pengusaha muda Indonesia), maka akan menambah modal kami dalam menjalankan bisnis ini dan akan meningkatkan volume penjualan kami. Jika memungkinkan, kami akan membuka cabang butik yang baru. Ketika kami dapat membuka cabang baru, kami membutuhkan tambahan modal dari investasi bank saat kami sudah mendapat modal kembali.
Analisis Resiko Usaha
Kita akan membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.
Analisis pesaing
No.
Uraian
Glamourous Boutique
Perusahaan Pesaing




Splendid
Fani House
Stage

1.
Harga Jual
Bervariasi
Bervariasi
Bervariasi
Bervariasi

2.
Medium Quality
Standar, bagus
Standar, bagus
Standar, bagus
Standar, bagus

3.
Plastik logo
Punya
-
punya
punya

4.
Promosi
Media sosial, brosur, leaflet
Media Sosial
Media Sosial
Media Sosial

5.
Merk
Glamorous
-
-
-

6.
Potongan Penjualan
Memberikan diskon 5% setiap pembelian diatas  Rp250.000.,-
Memberikan diskon up to 10% min. pembelian lebih dari 3
Memberikan diskon tertentu ketika ada HUT toko
Memberikan diskon tertentu ketika ada HUT toko

7.
Bentuk Pembayaran
Tunai, non-tunai
Tunai, non-tunai
Tunai, non-tunai
Tunai, non-tunai

8.
Pelayanan
Pramuniaga aktif melayani konsumen meskipun tidak ditanya dengan ramah dan santun
Pelayanan pasif, pramuniaga hanya berada di kasir
Pelayanan pasif, pramuniaga hanya berada di kasir
Pelayanan pasif, tetapi pramuniaga berdiri di setiap sudut toko


Rencana Penjualan
Jenis produk yang dipasarkan adalah pakaian wanita yang berkualitas  dengan harga kompetitif, karena rata - rata produk serupa yang dipasarkan di butik daerah Ngaliyan, Semarang adalah kualitas menengah ke bawah atau kualitas biasa.
Wilayah pemasaran mencakup daerah Kota Semarang untuk sistem penjualan langsung atau direct marketing dan seluruh wilayah Indonesia untuk sistem e-Commerce.
Yang menjadi segmen dari usaha penjualan pakaian ini adalah segmen pasar khusus wanita untuk tipe penjualan secara direct marketing atau penjualan langsung di butik kami. Adapun strategi pemasaran dan edukasi produk yang kami kami lakukan diantaranya:
Keterangan Produk
Mutu: Pakaian yang dipasarkan adalah mutunya terjamin dan berkualitas original. Berbeda dari kualitas yang kebanyakan beredar di pasaran sekitar Semarang yang produknya adalah barang tiruan.
Ukuran  : S, M, L, XL
Harga Produk:
Bervariasi
Syarat pembayaran : tunai dan non-tunai
Potongan : Kami akan memberikan diskon 5% setiap pembelian diatas  Rp250.000.,-
Jalur Penjualan
Dengan adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga ada tiga sistem marketing yang kami terapkan yaitu :
Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung di butik dengan sistem pembagian waktu jaga yang dimulai dari pukul 09.00 WIB s.d 21.00 WIB.
Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan mendaftarkan toko kami di lapak e-Commerce dan juga halaman media sosial sehingga konsumen bisa cek harga, cek model (melihat gambar + keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di akun toko kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer Bank.
Promosi
Promosi dilakukan dengan penyebaran brosur, leaflet, dan kami akan melakukan iklan di internet untuk menjual produk yang kami tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan penyedia iklan di internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk mempromosikan keberadaan toko online kami ini. Akun Facebook butik kami juga akan bergabung dalam grup jual – beli sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum diskusi mengenai produk-produk yang kami tawarkan. Dibawah ini kami akan menjelaskan detail promosi kami.
Metode Promosi
Wilayah Sebaran

Word to Mouth
Kota Semarang, Kampus UIN Walisongo

Penyebaran Brosur, leaflet
Kecamatan Ngaliyan, Kampus UIN Walisongo

Pembuatan akun e-Commerce
Seluruh dunia

Iklan di internet
Seluruh dunia











BAB VI
RENCANA KEUANGAN
Sumber Modal
Dalam mendirikan usaha ini, modal yang diperlukan itu berasal dari modal sendiri sebesar Rp 9.975.000,- dan modal yang didapat dari HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) sebesar Rp 10.000.000,-. Berdasarkan informasi yang kami dapat, terdapat modal usaha untuk pengusaha yang pemula. Modal usaha tersebut dari HIPMI. Untuk memperoleh modal usahanya pun, kami perlu mengajukan proposal usaha.
Kami merencanakan keuangan yaitu mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dengan baiya seminimal mungkin. Hal inilah yang menjadi dasar bagaimana modal usaha dapat diinvestasikan dengan tepat sehingga akan menerima keuntungan yang banyak. Kami mempunyai keinginan bahwa dalam satu atau dua bulan dapat balik modal, sehingga kami dapat mengembangkan usaha.

Pembiayaan Usaha
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp 19.975.000-, (Sembilan belas juta sembilan ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) dengan rincian anggaran dana sebagai berikut:
Tempat dan Perizinan
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Biaya

1
Beli Tempat Usaha (tanah & gedung)
-
tahun
Rp  1.500.000
Rp 1.500.000

2
Izin Usaha
1
kali
Rp  1.500.000
Rp 1.500.000

Jumlah
 Rp 3.000.000


Peralatan (biaya variabel)
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Biaya

1
Hanger Baju
50
buah
 Rp 7.000
 Rp 350.000

2
Tempat Gantungan Hanger
5
buah
 Rp75.000
 Rp 375.000

3
Kunci Pengaman Gudang Persediaan
2
buah
 Rp 50.000
 Rp 100.000


Jumlah
 Rp 825.000


Pakaian
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Biaya

1
Gamis
35
helai
 Rp 150.000
 Rp 5.250.000

2
Baju Kemeja
20
helai
 Rp 65.000
 Rp 1.300.000

3
Tunik
35
helai
 Rp 70.000
 Rp 2.450.000

4
Cardigan
20
helai
Rp  55.000
Rp 1.100.000

5
Kaos
15
helai
Rp 50.000
Rp 750.000

6
Rok
25
helai
Rp 40.000
Rp 1.000.000

7
Kulot
25
helai
Rp 45.000
Rp 1.125.000

8
Baggy pants
25
helai
Rp 55.000
Rp 1.375.000

9
Biaya Kirim

sak
 Rp 300.000
 Rp 300.000

Jumlah
 Rp 14.650.000


E-Commerce
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Biaya

1
Jasa Pembuatan Website e-commerce
1

 Rp 1.500.000
 Rp 1.500.000


Jumlah
 Rp 1.500.000


Jumlah Modal Awal
No
Keterangan
Modal Sendiri
Modal dari HIPMI
Biaya

1
Tempat dan Perizinan
Rp 3.000.000



2
Peralatan
Rp 825.000



3
Pakaian
Rp 4.650.000
Rp 10.000.000


4
Website e-commerce
Rp 1.500.000




Jumlah
Rp 19.975.000


Operasional Umum (biaya tetap)
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah

1
Listrik
1
bulan
110.000
110.000

2
Gaji
3
orang
700.000
2.100.000

3
Iuran Keamanan
1
bulan
20.000
20.000

4
Iuran Kebersihan
1
bulan
20.000
20.000


Jumlah
2.250.000


Operasional Promosi
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah

1
Biaya Leaflet dan Brosur
100
lembar
1000
100.000


Jumlah
100.000


Operasional Depresiasi
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah

1
Defisit Peralatan
2,00%
perbulan
825.000
16.500

2
 Website e-commerce
2,00%
perbulan
1.500.000
30.000


Total
46.500


Total Operasional Perbulan
No
Keterngan
Biaya

1
Operasional Umum
Rp 2.250.000

2
Operasional Promosi
Rp 100.000

3
Operasional Depresiasi
Rp 46.500


Jumlah
Rp 2.396.500


Analisa Keuangan
Potensi Pendapatan Perbulan
Glamourous memiliki beragam jenis produk pakaian dari berbagai model dengan harga yang variatif sehingga kesulitan apabila harus menguraikan harga per produknya. Maka untuk menganalisis prakiraan pendapatan dalam sebulan, dibuatlah harga taksiran yang mendekati atau harga rata- rata per produknya.
No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Biaya

1
Gamis
20
helai
 Rp 150.000
 Rp 3.000.000

2
Baju Kemeja
15
helai
 Rp 65.000
 Rp 975.000

3
Tunik
30
helai
 Rp 70.000
 Rp 2.100.000

4
Cardigan
15
helai
Rp  55.000
Rp 825.000

5
Kaos
10
helai
Rp 50.000
Rp 500.000

6
Rok
25
helai
Rp 40.000
Rp 1.000.000

7
Kulot
15
helai
Rp 45.000
Rp 675.000

8
Baggy pants
15
helai
Rp 55.000
Rp 825.000

Jumlah
 Rp 9.900.000




Prakiraan Laba
Laba dapat dicari dari total pendapatan dalam sebulan dikurangi dengan total biaya operasionalnya.
Rp 9.900.000 – Rp 2.396.500
= Rp 7.503.500

Aliran Kas dan Aktivitas Operasional
No
Aliran Kas Masuk
Biaya

1
Penerimaan Penjualan
Rp 9.900.000


Jumlah
Rp 9.900.000


Biaya Operasional


1
Biaya Listrik
Rp 110.000

2
Iuran Keamanan
Rp 20.000

3
Iuran Kebersihan
Rp 20.000

4
Gaji Karyawan
Rp 2.100.000

5
Biaya Promosi
Rp. 100.000

6
Penyusutan
Rp.46.500


Jumlah
Rp 2.396.500


Aliran Kas Bersih
Rp 7.503.500


Estimasi Balik Modal
Istilah balik modal kerap disamakan dengan istilah  Break Event Point (BEP)yang sering kali digunakan untuk melihat seberapa baik potensi bisnis yang sedang dilkukan.
Pada usaha Glamourous terdapat cara menghitung balik modal yang sederhana yaitu dengan berdasarkan laba bersih yang diterima setiap bulan sebagai pengembalian modal investasi.
Laba kami peroleh dalam sebulan berkisar Rp 7.503.500 dengan modal investasi sebesar Rp 19.975.000 sehingga Glamourous dapat balik modal sekitar 2,7 bulan dengan rincian:
Rp 7.503.500 x 2,7 = Rp 20.259.450,-

BAB VII
PENUTUP
Kesimpulan
Berwirausaha adalah kegiatan yang tepat bagi kita yang memiliki jiwa ingin menciptakan usaha. Dengan berwirausaha, kita dapat memiliki sifat percaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan, jujur, tekun, dan selalu berusaha untuk berprestasi dan unggul dalam memasarkan produknya. Menjadi pengusaha pun kita dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Berwirausaha tidak memandang usia. Pada zaman sekarang, dari kalangan remaja hingga dewasa banyak yang membuka usaha dengan keberagamannya. Ada yang terjun dalam bidang kuliner, properti, fashion, fotografer, event organizer dan lain sebagainya. Kebutuhan pakaian masa sekarang terus bertambah sehingga membuka peluang untuk menciptakan usaha dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Desain dan gaya pakaian pun setiap tahun berganti-ganti sehingga membuat kita untuk berfikir kreatif agar usaha kita terus berkembang dan peendapatan kita terus bertambah.

Potensi Usaha
Sebagai pengusaha pemula kami harus selalu mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi nantinya seperti pengusaha pada bidang yang sama. Kami harus memilki strategi yang inovatif dan berbeda dari yang lainnya.
Usaha kami mengutamakan pada unsur kualitas yang berada pada pelayanan dan produk yang kami pasarkan. Dengan mengedepankan diferensiasi produk, pelayanan kami yang loyal pada pelanggan, serta didukung dengan tempat yang strategis kami yakin akan potensi kedepan dalam usaha ini.



Posting Komentar

0 Komentar