Pengertian Visual hirarki dalam desain grafis

Recent Posts

Pengertian Visual hirarki dalam desain grafis

Pengertian Visual hirarki dalam desain grafis

Selamat pagi sahabat desainku kali ini kita akan memulai kelas desain yang mana nanti kita akan belajar desain bersama dan saling tukar pikiran pengetahuan pengalaman dan skill, hehehe oke langsung saja kali ini kita akan belajar mengenal ap aitu visual hirarki dalam desain grafis, terus kegunaannya untuk apa sih kenapa kita harus mempelajari visual hirarki dalam desain grafis, tak usah menunggu lama mari kita bahas satu persatu disini.

Coba kalian perhatikan gambar puzzle diatas apa yang beda, dan apa yang terlihat menonjol dari gambar tersebut, yah benar ada sepotong puzzle yang kosong dan menarik perhatian mata untuk melihat terfokus pada kota kosong tersebut, sahabat desainku tahu kenapa ? nah benar Teknik ini dinamakan visual hirarki dalam desain grafis yaitu kekuatan sebuah desain yang memaksa penikmatnya melihat suatu objek benda yang dijadikan fokus utama, sehingga audien secara reflek dapat menikmati harmoni dalam desain.

Oh ya min saya mau tanya, terus apa saja min komposisi yang mempengaruhi visual hirarki dalam desain grafis ?? okey kita lanjutkan pembahasan kita

Ada 5 komposisi penting tentang Visual Hirarki

Size and Scale dalam desain grafis

1. Ukuran dan Besar ( Size and Scale )

Ukuran bisa dibilang adalajh cara paling efektif untuk menekankan elemen visual. Sederhananya elemen yang lebih besar menarik perhatian lebih daripada elemen yang kecil.
Warna dan contras dalam desain grafis

2. Warna dan contras ( Color and Contrast )

Kontras adalah penyesuain dan pengaturan warna agar objek yang mana ya ingin lebih ditonjolkan, Kontras warna biasanya juga lebih menarik perhatian daripada warna monoton/sama, pada gambar diatas kamu bisa lebih fokus Digambar B dari pada di gambar A bukan padahal gambar tersebut sama hanya warna saja yang berbeda.
Negatif space dalam desain grafis

3. Negative Space ( Ruang Kosong )

Negatif space atau ruang kosong tidak hanya membuat informasi lebih mudah bagi pembaca untuk mencernanya, tetapi juga menciptakan fokus karena membantu memusatkan perhatian pada item individual, dan kadang pemanfaat negatif space ini bisa melahirkan 2 sudut pandang atau lebih dalam satu desain.
White Space dalam desain grafis

4. White Space

White space adalah wilayah wliayah yang harus bersih dari unsur desain, contoh saja saat kamu di kamar tidur mana yang lebih enak tempat yang bersih dan rapih atau yang penuh dan acak-acakan, tentu yang besih dan rapih bukan. Sama halnya disaat kamu mendesain desain membutuhkan ruang untuk bernafas, maka buatlah yang simpel tapi menarik agar desain yang kamu buat terlihat clean.
Alignment

5. Alignment 

Alignment adalah bagian dari struktur dimana elemen ditempatkan dalam suatu desain, bahwa komponen visual teks atau gambar, tidak diposisikan secara asal. Lihat pada gambar diatas kamu lebih nyaman melihat gambar yang kanan bukan karena memiliki sebuah prinsip yaitu harmoni/tertata.

Sampai sini bisa dimengertikan sahabat desainku hehehe maka dari itu betapa pentingnya kita untuk mempelajari visual hirarki dalam desian bukan, mungkin untuk kesempatan kali ini hanya sampai sini saja semoga bermanfaat dan bisa membantu para sahabat desainku, mungkin dilain waktu kita akan membahas masing masing komposisi visual hirarki lebih detail lagi di postingan selanjutnya, tetap stay tune Bersama kami di http://t.me/jualdesainku

penulis Faiz Ahmad Maftuh


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Jasa D di Fazdesain.id
    Creative Design Agency
    "Nyatakan hidupmu dengan desain." hanya di @fazdesain.id !
    jasa pembuatan desain grafis online mudah, murah dan cepat, menerima pembuatan desain logo, desain instagram feeds, infografis, poster, pamflet, banner, flyer, dll sesuai permintaan anda Siap kerja remote

    BalasHapus